Monday, August 13, 2007

Teknologi Data Nirkabel

Teknologi Data Nirkabel atau Wireless Data Technology adalah sebuah teknologi yang menjadi pilihan bagi sebagian komunitas dengan mobilitas tinggi. Teknologi ini berkembang pesat sejalan dengan kebutuhan beberapa komunitas yang sangat tergantung dengan sebuah akses informasi global. Akhir-akhir ini berbagai industri sudah menerapkan teknologi data nirkabel seperti ndustri perbankan, industri perhotelan, industri kesehatan, industri transportasi misalnya sebuah bandara, dan sudah mulai marak di pakai di rumah-rumah. Satu-satunya alasan mengapa teknologi ini dipilih karena kenyamanan dan flesibilitas yang tinggi. Update article...

Saturday, August 11, 2007

Satuan Acara Perkuliahan v3(7.8)

Rencana Perkuliahan

ONLINE PUBLIC RELATIONS

Program Studi Ilmu Kehumasan – Fakultas Ilmu Komunikasi

A. Uraian dan Tujuan Mata Kuliah

Pemahaman akan pentingnya penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi yang baru adalah tolok ukur sebuah organisasi untuk bersaing di era globalisasi dalam budaya masyarakat informasi masa kini. Praktisi Kehumasan / Public Relations harus menyadari bahwa penggunaan media sebagai alat untuk membangun citra dan mempertahankan reputasi organisasi harus seimbang dan sejalan dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya penguasaan perangkat digital dalam melakukan aktifitas rutin sebagai Praktisi Public Relations dengan tetap memperhatikan etika penggunaan media baru yang sejalan dengan etika Public Relations itu sendiri.

B. Tujuan Instruksional

Diharapkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa dapat :

1. Memahami perbedaan Public Relations tradisional dengan Online Public Relations

2. Memahami karakteristik Media Online

3. Memahami penggunaan perangkat digital

4. Memahami latar belakang munculnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) / Information & Communication Technologi (ICT)

5. Memahami dampak munculnya TIK / ICT baru terhadap media konvensional dan masyarakat

6. Memahami isu-isu terkini tentang aktifitas PR Online

7. Memahami tantangan yang dihadapi Praktisi Public Relations di Era Informasi dan pemecahan masalahnya

8. Memahami etika dan hukum dunia online

9. Memahami proses komunikasi digital

10. Memahami pentingnya pemakaian internet sebagai media online

11. Memahami pelayanan publik melalui penggunaan media online

12. Memahami Web 2.0

13. Memahami karakteristik Web Site Public Relations

14. Memahami aplikasi Content Management System

C. Daftar Pustaka

1. Joseph Straubhaar dan Robert LaRose, "Media Now", Thomson L., 2002

2. Dennis LW, Glen T.C, Philiph H.A, Warren K.A., "Public Relations-Strategic & Tactics, Pearson, 2003

3. David W. Guth, Charles M, Public Relations – “A Values-Driven Approach”, Pearson, 2003

4. Bob Julius Onggo, "Cyber PR", Elex Media Komputindo, 2004

5. Ahmad M. Ramli, "Cyber Law dan HAKI, PT. Refika Aditama, Bandung, 2005

6. Kenneth C.L., Jane P.L., “Essential Of Management Information Systems”, Pearson, 2005

7. Bob Julius Onggo, "Trik Mengoptimalkan Situs Web ke Situs Pencari", Elex Media Komputindo, 2004

8. Thomas L. Friedman, “The World Is Flat”, Dian Rakyat, 2006.

9. Sumber lain: http://groups.yahoo.com/group/uieu-onlinepr/links

10. Sumber lain: http://groups.yahoo.com/group/uieu-onlinepr/files


D. Evaluasi dan Penilaian

BENTUK EVALUASI

:

1. Kehadiran sebesar 75 %

2. Ujian Tengah Semester (UTS) satu semester sekali

3. Tugas berupa quiz, makalah, kunjungan ke beberapa situs di Internet

4. Ujian Akhir Semester (UAS) satu semester sekali

PROPORSI NILAI

:

1. Kehadiran 10 %

2. UTS 25 %

3. Tugas 1 20 %

4. Tugas 2 20%

5. UAS 25 %

E. Pembahasan dan Tugas

Tatap Muka

Pokok Bahasan

Tugas

Aktifitas dan

Studi Kasus

1

Pendahuluan

Baca B1 (Ch.10), B2 (Ch.1,2,3), Baca B3 (Ch.1), B9

Pembentukan Kelompok

2

Public Relations Online

Baca B4 (Bab 1), B2 (Ch.4,5), B3 (Ch.2, Hal.535-538), B8 (Terminologi OPR), B9

Mendaftarkan diri pada Mailing List UIEU-OnlinePR

3

Fenomena Era Informasi

Baca B1 (Ch.1)

Diskusi tentang Aktifitas Pembuatan Tugas Kelompok

4

Dampak Konvergensi Media

Baca B1 (Bab 13), B9

Diskusi Kelompok

5

Tantangan PR Masa Kini

Baca B6 (Ch.15), B8 (Studi Kasus), B5 (Bagian 1), B9

Kasus Mustika Ratu, klikbca.com, china red firewall

6

Konsep Komunikasi, SMCR dan OSI

Baca B1 (Ch.1), B3 (Hal.137-140), B8 (OSI layer), B9

Diskusi Kelompok

7

Proses Komunikasi Digital

Baca B8 (OSI layer), B9

Diskusi Kelompok

8

Proses Komunikasi Digital (lanjutan)

Baca B8 (OSI layer), B9

Kasus Gempa di Taiwan

9

Ujian Tengah Semester

10

Perangkat Digital untuk PR

Baca B2 (Ch.12, Tabel Hal.273-274), B4 (Bab 2,4,5,6,7,10,11), B9

Email dan Mailing List

11

Karakteristik Situs PR / PR Web

Baca B1 (Ch.8,9)

Top Level Domain

12

Karakteristik Situs PR / PR Web (Lanjutan)

Baca B2, B7 (Bab 1,5,6,10), B9

Contoh Web 2.0

13

Memberdayakan kekuatan PR dengan Menggunakan Media Online Untuk Mengantisipasi Persaingan Global

Penyusunan Makalah

Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok.

14

SDA

Penyusunan Makalah

Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok

15

SDA

Penyusunan Makalah

Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok

16

Ujian Akhir Semester

Kesepakatan Kelas rev.7.8

KESEPAKATAN KELAS

ONLINE PUBLIC RELATIONS HMS270

ILMU KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS

2 SKS 180 MENIT

ARNASTYA I.S. 6439

NO

FOKUS

RINCIAN KESEPAKATAN

MARK

1

Komunikasi

· Komunikasi perihal perkuliahan melalui telepon, sms dan e-mail dengan menyebutkan nama dan nomor NIM.

· Bergabung pada mailing list UIEU-OnlinePR dengan mengunjungi dan log-in pada situs http://groups.yahoo.com/group/uieu-onlinepr

· Bila sifat komunikasinya URGENT, maka dosen cukup mengirimkan pesan kepada Ketua Kelas/Perwakilan kelas.


2

Kelas

· Status telepon genggam dalam keadaan silent atau off

· Diperbolehkan interupsi/mengajukan pertanyaan pada saat perkuliahan

· Eksistensi perwakilan kelas / koordinator kelas / ketua kelas

· Persyaratan ketua kelas: akses ke internet dengan frekwensi tinggi, hp selalu standby.


3

Kehadiran

· Berikan informasi bila tidak dapat hadir di perkuliahan selambat-lambatnya 1 jam sebelum jam masuk perkuliahan via sms

· Ketidakhadiran dalam perkuliahan wajib menyerahkan Surat Ijin atau Surat Keterangan Sakit atau membuat tugas khusus dari dosen.

· Dosen terlambat 30 menit dianggap tidak ada perkuliahan kecuali dengan pemberitahuan.


4

Surat Ijin dan Surat Keterangan Sakit

· Surat Ijin atau Surat Keterangan Sakit hasil scanning dikirimkan ke alamat email dosen. Surat asli kirimkan ke pihak PESM-UIEU (Direktur PESM) dan salinan kepada pihak Universitas (Kepala Jurusan)

· Kirimkan / serahkan surat ijin tidak mengikuti perkuliahan pada perkuliahan berikutnya

· Surat ijin ditujukan kepada dosen, tembusan kepada kajur/dekan dan direktur PESM


5

Tugas Khusus

· Dibuat atas dasar pengganti perkuliahan yang tidak diikuti mhs

· Ketentuan pembuatan tugas mengikuti standar umum pembuatan tugas

· Jenis tugas ditentukan oleh dosen

· Dikirmkan ke alamat email dosen


6

Bahan Perkuliahan

· Slide presentasi, contoh kasus lisan, buku wajib, buku pendamping, link internet, materi via email, materi di mailing list, dan blog


7

Sistem Penilaian

· Kehadiran=10%, Tugas Individu=20%, Tugas Kelompok=20%, UTS=25%, UAS=25%


8

Ujian

· Kesepakatan pada poin ‘Kehadiran’ merupakan persyaratan mengikuti ujian

· Bila persyaratan tersebut tidak diikuti oleh Mhs, maka Mhs hanya berhak mengikuti Ujian Susulan saja.

· Sistem ujian adalah Open Book

· Yang berhak mengikuti Ujian dengan sustem Open Book adalah mhs yang telah menyerahkan Surat Ijin / Surat Keterangan Sakit / tugas khuusu dari dosen yang diserahkan selambat-lambatnya sebelum ujian berlangsung. Selain itu hanya berhak mengikuti Ujian Susulan saja.

· Status telepon genggam adalah off atau silent

· Dilarang menerima telepon di dalam ruang ujian

· Persiapkan alat tulis, buku, catatan perkuliahan sebelum ujian

· Dilarang saling berkomunikasi dengan peserta ujian lainnya

· Peserta ujian diberikan kesempatan untuk memahami setiap soal dan tata tertib ujian selama 5 menit sebelum ujian berlangsung

· Dilarang mengajukan pertanyaan selama ujian berlangsung

· Jawaban dari pertanyaan argumentatif bukan jiplakan dari materi. Gunakan bahasa Anda sendiri.

· Waktu ujian adalah 90 menit

· Menyerahkan lembar jawaban, lembar soal dan tugas tepat pada waktunya

· Penghematan waktu: jawablah pertanyaan yang menurut Anda paling mudah lebih dahulu

· Maksimum nilai ujian: perhatikan bobot nilai setiap soal yang Anda kerjakan

· Ujian susulan dengan sistem Close Book


9

Tugas

· Judul tugas harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan

· Penilaian: 5W+1H, data akurat (bukti), memiliki unsur nilai berita yang kuat

· Struktur penulisan: daftar isi, latar belakang, isi+analisa, kesimpulan, saran/solusi, sumber informasi/daftar pustaka

· minimal 20 halaman (tidak termasuk sampul makalah dan daftar isi)

· jenis huruf : Times New Roman 12 point

· Kiri: 1,5 inch, kanan: 1,2 inch, atas: 1,2 inch, bawah: 1,2 inch, spasi 1,5


10

Tugas Individu

· Akan dijelaskan langsung pada saat tatap muka di dalam sesi perkuliahan


11

Tugas Kelompok

· Akan dijelaskan langsung pada saat tatap muka di dalam sesi perkuliahan



Kesepakatan ini berlaku bila sudah disetujui oleh Dosen dan 2/3 mahasiswa/i yang hadir di perkuliahan.

Nama dan tanda tangan di balik lembar ini.

Chit Chat