Sunday, October 4, 2009

Mendaftarkan Akun Email ke Aplikasi Google Docs

Sekarang jamannya Internet, eranya semua aplikasi mudah digunakan, dipakai kapan saja, bukan dimiliki oleh vendor software tertentu alias non-licence, harus bisa diakses menggunakan perangkat apapun baik komputer desktop, komputer jinjing, ataupun gadget kecil portable seperti handphone yang selalu dibawa beraktifitas. Google telah memberikan solusi aplikasi office yang dapat diakses via web. Aplikasi tersebut adalah Google Docs.

Dibawah ini adalah cara mendaftarkan akun email Anda agar Anda dapat menggunakan aplikasi office web-based ini. Langkah pertama kali kita harus mengunjungi halaman situs http://docs.google.com. Selanjutnya silahkan ikut langkah demi langkah berikut ini:

1. Tekan tombol "Get Started" warna biru

2. Masukkan alamat email aktif Anda pada kolom "Your Current email address". Alamat email ini tidak harus akun gmail. Alamat akun email non-gmail, juga dapat didaftarkan pada aplikasi ini. Selanjutnya alamat email ini dipakai sebagai username kita saat menggunakan Google Docs.

3. Tentukan password untuk aplikasi ini pada kolom "Choose a password". Harap dipahami, bahwa password ini tidak harus password email Anda. Anda bebas membuat password dengan batasan keamanan tertentu yang disarankan oleh aplikasi ini.

4. Masukkan password yang sama untuk konfirmasi pada kolom "Re-enter password"

5. Hilangkan tanda cek pada Check Box "Remember me on this computer". kecuali memang Anda ingin komputer yang Anda gunakan secara otomatis mengingat password tersebut.

6. Berikan tanda cek pada Check Box "Enable Web History", apabila Anda ingin selalu menyimpan alamat website yang pernah Anda kunjungi sebelumnya.

7. Pada word verification, kenali dan baca baik-baik kata yang tergambar, lalu ketikkan pada box dibawahnya. Apabila Anda salah mengartikan kata yang tertera, maka Anda diminta untuk mengulanginya kembali, hingga benar.

8. Baca dengan seksama Term & Service dalam box dengan melakukan scrolling tombolnya.

9. Klik tombol "I accept Create my account"

10. Secara otomatis google akan mengirimkan sebuah link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda dan klik link verifikasi tersebut. Setelah langkah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi docs.google.com secara interaktif layaknya aplikasi office yang pernah Anda miliki di dalam komputer saat ini.


Friday, October 2, 2009

Kesepakatan Kelas

Di setiap perkuliahan yang saya jalankan selama ini komitmen antara dosen dengan para mahasiswa/i adalah hal krusial yang harus dilakukan pertama kali. Oleh karena itu saya berkepentingan untuk membuat sebuah komitmen awal antara dosen dengan para mahasiswa/i. Ide dasar pembuatan Kesepakatan Kelas ini adalah ide pribadi dimana pihak Universitas maupun manajemen Universitas belum menyediakannya secara rinci. Kesepakatan kelas yang dirasa efektif ini telah saya jalankan sepanjang tahun sejak tahun 2006 hingga kini.

Seperti layaknya sebuah perjanjian pada umumnya, komitmen atau selanjutnya dinyatakan sebagai kesepakatan kelas haruslah tertulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, tentunya pihak-pihak tersebut adalah antara dosen dengan mahasiswa/i. Kesepakatan kelas ini dipakai sebagai acuan kegiatan perkuliahan sepanjang satu semester. Sehingga apabila ada hal-hal yang dirasa terlupa atau dilupakan oleh kedua belah pihak, maka permasalahan akan dikembalikan pada isi Kesepakatan kelas itu sendiri.

Isi sebuah kesepakatan kelas hanya berkisar tentang operasional perkuliahan dan yang terkait dengan hal tersebut saja. Kesepakatan kelas versi awal berbentuk tabel yang terdiri dari kolom nomor kategori kesepakatan, kategori kesepakatan/fokus kesepakatan dan kolom ketiga adalah keterangan atau rincian kesepakatannya. Jumlah kategori kesepakatan kelas adalah sebelas kategori yang terdiri dari: Komunikasi, Kelas, Kehadiran, Surat Ijin/Sakit, Tugas Khusus, Bahan Perkuliahan, Sistem Penilaian, Ujian, Tugas, Tugas Individu, Tugas Kelompok.

Pada versi yang pertama, Kesepakatan Kelas harus ditandatangani oleh dosen dan para mahasiswa/i. Karena teknologi informasi semakin maju dan mahasiswa/i telah memiliki akses internet-nya masing-masing, maka pada versi yang terbaru, setelah secara aklamasi Kesepakatan Kelas disetujui para mahasiswa/i di dalam perkuliahan, selanjutnya saya kirimkan via email dan para mahasiswa/i wajib membalasnya untuk menyetujuinya.

Kesepakatan Kelas ini bersifat fleksibel, demokratis dan bertanggung jawab. Fleksibel karena hasil keputusan-nya bergantung dari kesepakatan kelas saat itu. Sehingga rincian Kesepakatan Kelas dapat berbeda antara satu kelas dengan kelas lainnya. Demokratis, karena semua mahasiswa/i dan dosen berhak memberikan pendapatnya. Bertanggung jawab artinya hasil kesepakatan kelas tidak dapat diganggu gugat dan berlaku hingga berakhirnya perkuliahan. Meskipun Kesepakatan Kelas ini bersifat fleksibel yang berdampak pada dinamisnya rincian isi kesepakatan, namun hal ini tidak mengubah prinsip dasar Kesepakatan Kelas itu sendiri.

Chit Chat