Saturday, August 11, 2007

Satuan Acara Perkuliahan v3(7.8)

Rencana Perkuliahan

ONLINE PUBLIC RELATIONS

Program Studi Ilmu Kehumasan – Fakultas Ilmu Komunikasi

A. Uraian dan Tujuan Mata Kuliah

Pemahaman akan pentingnya penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi yang baru adalah tolok ukur sebuah organisasi untuk bersaing di era globalisasi dalam budaya masyarakat informasi masa kini. Praktisi Kehumasan / Public Relations harus menyadari bahwa penggunaan media sebagai alat untuk membangun citra dan mempertahankan reputasi organisasi harus seimbang dan sejalan dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya penguasaan perangkat digital dalam melakukan aktifitas rutin sebagai Praktisi Public Relations dengan tetap memperhatikan etika penggunaan media baru yang sejalan dengan etika Public Relations itu sendiri.

B. Tujuan Instruksional

Diharapkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa dapat :

1. Memahami perbedaan Public Relations tradisional dengan Online Public Relations

2. Memahami karakteristik Media Online

3. Memahami penggunaan perangkat digital

4. Memahami latar belakang munculnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) / Information & Communication Technologi (ICT)

5. Memahami dampak munculnya TIK / ICT baru terhadap media konvensional dan masyarakat

6. Memahami isu-isu terkini tentang aktifitas PR Online

7. Memahami tantangan yang dihadapi Praktisi Public Relations di Era Informasi dan pemecahan masalahnya

8. Memahami etika dan hukum dunia online

9. Memahami proses komunikasi digital

10. Memahami pentingnya pemakaian internet sebagai media online

11. Memahami pelayanan publik melalui penggunaan media online

12. Memahami Web 2.0

13. Memahami karakteristik Web Site Public Relations

14. Memahami aplikasi Content Management System

C. Daftar Pustaka

1. Joseph Straubhaar dan Robert LaRose, "Media Now", Thomson L., 2002

2. Dennis LW, Glen T.C, Philiph H.A, Warren K.A., "Public Relations-Strategic & Tactics, Pearson, 2003

3. David W. Guth, Charles M, Public Relations – “A Values-Driven Approach”, Pearson, 2003

4. Bob Julius Onggo, "Cyber PR", Elex Media Komputindo, 2004

5. Ahmad M. Ramli, "Cyber Law dan HAKI, PT. Refika Aditama, Bandung, 2005

6. Kenneth C.L., Jane P.L., “Essential Of Management Information Systems”, Pearson, 2005

7. Bob Julius Onggo, "Trik Mengoptimalkan Situs Web ke Situs Pencari", Elex Media Komputindo, 2004

8. Thomas L. Friedman, “The World Is Flat”, Dian Rakyat, 2006.

9. Sumber lain: http://groups.yahoo.com/group/uieu-onlinepr/links

10. Sumber lain: http://groups.yahoo.com/group/uieu-onlinepr/files


D. Evaluasi dan Penilaian

BENTUK EVALUASI

:

1. Kehadiran sebesar 75 %

2. Ujian Tengah Semester (UTS) satu semester sekali

3. Tugas berupa quiz, makalah, kunjungan ke beberapa situs di Internet

4. Ujian Akhir Semester (UAS) satu semester sekali

PROPORSI NILAI

:

1. Kehadiran 10 %

2. UTS 25 %

3. Tugas 1 20 %

4. Tugas 2 20%

5. UAS 25 %

E. Pembahasan dan Tugas

Tatap Muka

Pokok Bahasan

Tugas

Aktifitas dan

Studi Kasus

1

Pendahuluan

Baca B1 (Ch.10), B2 (Ch.1,2,3), Baca B3 (Ch.1), B9

Pembentukan Kelompok

2

Public Relations Online

Baca B4 (Bab 1), B2 (Ch.4,5), B3 (Ch.2, Hal.535-538), B8 (Terminologi OPR), B9

Mendaftarkan diri pada Mailing List UIEU-OnlinePR

3

Fenomena Era Informasi

Baca B1 (Ch.1)

Diskusi tentang Aktifitas Pembuatan Tugas Kelompok

4

Dampak Konvergensi Media

Baca B1 (Bab 13), B9

Diskusi Kelompok

5

Tantangan PR Masa Kini

Baca B6 (Ch.15), B8 (Studi Kasus), B5 (Bagian 1), B9

Kasus Mustika Ratu, klikbca.com, china red firewall

6

Konsep Komunikasi, SMCR dan OSI

Baca B1 (Ch.1), B3 (Hal.137-140), B8 (OSI layer), B9

Diskusi Kelompok

7

Proses Komunikasi Digital

Baca B8 (OSI layer), B9

Diskusi Kelompok

8

Proses Komunikasi Digital (lanjutan)

Baca B8 (OSI layer), B9

Kasus Gempa di Taiwan

9

Ujian Tengah Semester

10

Perangkat Digital untuk PR

Baca B2 (Ch.12, Tabel Hal.273-274), B4 (Bab 2,4,5,6,7,10,11), B9

Email dan Mailing List

11

Karakteristik Situs PR / PR Web

Baca B1 (Ch.8,9)

Top Level Domain

12

Karakteristik Situs PR / PR Web (Lanjutan)

Baca B2, B7 (Bab 1,5,6,10), B9

Contoh Web 2.0

13

Memberdayakan kekuatan PR dengan Menggunakan Media Online Untuk Mengantisipasi Persaingan Global

Penyusunan Makalah

Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok.

14

SDA

Penyusunan Makalah

Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok

15

SDA

Penyusunan Makalah

Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok

16

Ujian Akhir Semester

No comments:

Chit Chat