Rencana Perkuliahan
ONLINE PUBLIC RELATIONS
Program Studi Ilmu Kehumasan – Fakultas Ilmu Komunikasi
A. Uraian dan Tujuan Mata Kuliah
Pemahaman akan pentingnya penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi yang baru adalah tolok ukur sebuah organisasi untuk bersaing di era globalisasi dalam budaya masyarakat informasi masa kini. Praktisi Kehumasan / Public Relations harus menyadari bahwa penggunaan media sebagai alat untuk membangun citra dan mempertahankan reputasi organisasi harus seimbang dan sejalan dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya penguasaan perangkat digital dalam melakukan aktifitas rutin sebagai Praktisi Public Relations dengan tetap memperhatikan etika penggunaan media baru yang sejalan dengan etika Public Relations itu sendiri.
B. Tujuan Instruksional
Diharapkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
1. Memahami perbedaan Public Relations tradisional dengan Online Public Relations
2. Memahami karakteristik Media Online
3. Memahami penggunaan perangkat digital
4. Memahami latar belakang munculnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) / Information & Communication Technologi (ICT)
5. Memahami dampak munculnya TIK / ICT baru terhadap media konvensional dan masyarakat
6. Memahami isu-isu terkini tentang aktifitas PR Online
7. Memahami tantangan yang dihadapi Praktisi Public Relations di Era Informasi dan pemecahan masalahnya
8. Memahami etika dan hukum dunia online
9. Memahami proses komunikasi digital
10. Memahami pentingnya pemakaian internet sebagai media online
11. Memahami pelayanan publik melalui penggunaan media online
12. Memahami Web 2.0
13. Memahami karakteristik Web Site Public Relations
14. Memahami aplikasi Content Management System
C. Daftar Pustaka
1. Joseph Straubhaar dan Robert LaRose, "Media Now", Thomson L., 2002
2. Dennis LW, Glen T.C, Philiph H.A, Warren K.A., "Public Relations-Strategic & Tactics, Pearson, 2003
3. David W. Guth, Charles M, Public Relations – “A Values-Driven Approach”, Pearson, 2003
4. Bob Julius Onggo, "Cyber PR", Elex Media Komputindo, 2004
5. Ahmad M. Ramli, "Cyber Law dan HAKI, PT. Refika Aditama,
6. Kenneth C.L., Jane P.L., “Essential Of Management Information Systems”, Pearson, 2005
7. Bob Julius Onggo, "Trik Mengoptimalkan Situs Web ke Situs Pencari", Elex Media Komputindo, 2004
8. Thomas L. Friedman, “The World Is Flat”, Dian Rakyat, 2006.
9. Sumber lain: http://groups.yahoo.com/group/uieu-onlinepr/links
10. Sumber lain: http://groups.yahoo.com/group/uieu-onlinepr/files
D. Evaluasi dan Penilaian
BENTUK EVALUASI | : | 1. Kehadiran sebesar 75 % 2. Ujian Tengah Semester (UTS) satu semester sekali 3. Tugas berupa quiz, makalah, kunjungan ke beberapa situs di Internet 4. Ujian Akhir Semester (UAS) satu semester sekali |
PROPORSI NILAI | : | 1. Kehadiran 10 % 2. UTS 25 % 3. Tugas 1 20 % 4. Tugas 2 20% 5. UAS 25 % |
E. Pembahasan dan Tugas
Tatap Muka | Pokok Bahasan | Tugas | Aktifitas dan Studi Kasus |
1 | Pendahuluan | Baca B1 (Ch.10), B2 (Ch.1,2,3), Baca B3 (Ch.1), B9 | Pembentukan Kelompok |
2 | Public Relations Online | Baca B4 (Bab 1), B2 (Ch.4,5), B3 (Ch.2, Hal.535-538), B8 (Terminologi OPR), B9 | Mendaftarkan diri pada Mailing List UIEU-OnlinePR |
3 | Fenomena Era Informasi | Baca B1 (Ch.1) | Diskusi tentang Aktifitas Pembuatan Tugas Kelompok |
4 | Dampak Konvergensi Media | Baca B1 (Bab 13), B9 | Diskusi Kelompok |
5 | Tantangan PR Masa Kini | Baca B6 (Ch.15), B8 (Studi Kasus), B5 (Bagian 1), B9 | Kasus Mustika Ratu, klikbca.com, china red firewall |
6 | Konsep Komunikasi, SMCR dan OSI | Baca B1 (Ch.1), B3 (Hal.137-140), B8 (OSI layer), B9 | Diskusi Kelompok |
7 | Proses Komunikasi Digital | Baca B8 (OSI layer), B9 | Diskusi Kelompok |
8 | Proses Komunikasi Digital (lanjutan) | Baca B8 (OSI layer), B9 | Kasus Gempa di Taiwan |
9 | Ujian Tengah Semester | | |
10 | Perangkat Digital untuk PR | Baca B2 (Ch.12, Tabel Hal.273-274), B4 (Bab 2,4,5,6,7,10,11), B9 | Email dan Mailing List |
11 | Karakteristik Situs PR / PR Web | Baca B1 (Ch.8,9) | Top Level Domain |
12 | Karakteristik Situs PR / PR Web (Lanjutan) | Baca B2, B7 (Bab 1,5,6,10), B9 | Contoh Web 2.0 |
13 | Memberdayakan kekuatan PR dengan Menggunakan Media Online Untuk Mengantisipasi Persaingan Global | Penyusunan Makalah | Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok. |
14 | SDA | Penyusunan Makalah | Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok |
15 | SDA | Penyusunan Makalah | Presentasi dan Pertanggungjawaban Tugas Kelompok |
16 | Ujian Akhir Semester | | |
No comments:
Post a Comment