Thursday, July 24, 2008

Marketing and Cyber Public Relations

Dengan adanya perkembangan di dunia teknologi informasi tentu saja memperluas sarana untuk melakukan komunikasi. Dalam hal ini seorang PR yang handal harus tanggap untuk memanfaatkan media-media terbaru sebagai instrument aplikasi tugasnya.Akhir-akhir ini muncul kecenderungan baru dimana media online digunakan sebagai media komunikasi, termasuk dalam Public Relations. Praktik kegiatannya biasa dikenal dengan istilah e-public relations atau cyber-public relations. Yaitu seorang PR yang menggunakan internet sebagai media publisitas. Jika media konvensional seperti TV, media cercak, radio, dll hanya dapat melakukan one to many relations. Internet dapat mengembangkan one to one communication.

Sejak tahun 1990-an, media online muncul menjadi media baru yang sangat kuat di dunia. Internet telah hampir menjadi sinonim dari sebuah konsep media baru saat ini. Perusahaan-perusahaan berlomba-lomba memajang produk dan jasanya di situs internet. Menurut Nielsen/Net Rating, pada Juni 2004 saja tercatat 21 juta orang membaca Yahoo News. Sementara itu, hanya setahun setelah peluncurannya, Google News diakses oleh 6,5 juta orang setiap bulannya. Dan inilah fakta menariknya pembaca utama Google News dan Yahoo News bukan wartawan melainkan konsumen pembaca berita.

Esensi dari Online Public Relations adalah percepatan informasi. Internet telah mengubah cara banyak perusahaan dalam menangani kontak pers dan kegiatan yang berhubungan dengan media relatios. Selain itu keuntungannya yang dapat diperoleh antara lain jangkauan secara global/dunia, banyaknya informasi yang tersedia dan aktual , mengembangkan investor relations, dapat mempertinggi kontak dengan media, akses yang mudah, biaya efisien.Dengan internet, perusahaan memiliki kemampuan berkomunikasi lebih tinggi dan memiliki nilai tambah yang membedakannya dengan perusahaan lainnya. Internet membuka pintu untuk komunikasi dua arah antara perusahaan dan publiknya.Pembangunan branding online dilakukan melalui sarana email, presskit, website, weblog, blog, milis, newsgroup, autoresponder, ezine, e-newsletter, direct email, iklan online, online media relations, investor relations dan alat-alat komunikasi pemasaran lain di dunia online.

Published By :
200752096 Cahya, 200752105 Tria, 200752092 Rommy

4 comments:

Anonymous said...

Setuju banget nih semuanya.

Dan perlu diingat juga kalau internet juga wadah many to many communications.

Di sini kalian pake istilah Online PR, E-PR dan Cyber PR. Perusahaan saya sih pakai istilah Digital PR.

Gak terlalu masalah sih istilah apa yang dipakai, as long as you're consistent.

Salam kenal semuanya. Mampir yah ke blog indipr. Di sana juga banyak resource mengenai topik ini

SEBUAH MIMPI YANG TERLUPA said...

haloo. perkenalkan mas dan sekalian minta ijin posting. begini mas saya ada kendala mengenai perusahaan saya . perusahaan saya bergerak di bidang teknologi informasi dimana kantor pusat dijogja dan kantor cabang disolo . untuk perkembangan saat ini kurang memuaskan sekali...... tidak ada banyak klien yang kita dapat. mohon pencerahannya bagaimana strategi yang seharusnya diambil. makasih sebelumnya

Anonymous said...

setau saya di bangku perkuliahan, penggunaan media online adalah salah satu upaya menjaring calon pelanggan diseantero dunia. bukan absolut tapi alternative media. namun yang mendasar adalah how to socialize our business. untuk industri IT pergerakannya dinamis lho. kalo ditanya strategi, aku rasa tergantung fokusnya kemana.
unjuk saran ya:
1. apakah visi misi sudah ditegaskan?
2. arahkan ke segment market bisnisnya
3. jalankan sosialisasi yang tidak memakan biaya... hehe yang ini menarik. ada kendaraan pribadi ditempel2 iklan pribadi. pernah lihat dooong... :)) terus... coba aja buat blog bebas edukatif lalu ada signature perusahaan bisa khan
semoga membantu
cheers,
tera

Anonymous said...

gitu aja koq repot... bagi bagi kartu nama di mall aja .... lol

Chit Chat