Friday, December 14, 2007

Implementasi VoIP Cukup 20 Menit

Implementasi teknologi VoIP (voice over intrenet protocol) dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan, dengan sedikit pengetahuan mengenai instalasi komputer, setiap orang mungkin dapat memasangnya dalam waktu 20 menit.

Dalam demonstrasi yang digelar PT Cisco Systems Indonesia di Jakarta, Kamis (13/12), instalasi VoIP hanya berlangsung sekira 17 menit saja. Instalasi secepat itu ditawarkan paket solusi Unified Communication terbaru dari Cisco yang disebut Smart Business Communication System (SBCS).

"Solusi ini cocok untuk user yang tak telalu banyak, bawa... tinggal colok, bisa dipakai untuk internet. Selain telepon, ada akses internet, ada security dan wireless access," kata Kunijanto E. Sanggono, Marketing Director PT Cisco Systems Indonesia. Hal tersebut memungkinkan karena perangkat telefoni dan router telah dikemas dalam satu kotak.

Paket solusi SBCS terdiri dari perangkat utama sebuah Cisco Unified Communication Seri 500 yang berisi software manager dan IP PBX. perangkat ini telah dilengkapi fitur telefoni, pesan suara, auotomated attendant, keamanan data, VPN, dan video. Tersedia pilihan untuk 8,16, 32, dan 48 pengguna.

Masih sepaket dengan solusi tersebut yaitu Cisco Catalyst Express 520 sebagai switch yang menyediakan pilihan akses secara fleksibel sesuai kebutuhan jaringan. Selain itu, Cisco Mobility Express yang memberikan kemudahan akses melalui jaringan nirkabel WiFI 802.16 b/g.

"UC seri 500 didesain dengan satu software semua bisa di-configure," ujar Hansel Gunawan, System Engineer Advanced Technology PT Cisco System Indonesia sambil memperagakan instalasi cepat perangkat tersebut. Tinggal colok kabel konektor ke jaringan internet, pengaturan dan konfigurasi selanjutnya dapat dilakukan dengan klik dan sedikit mengetik pada menu yang disediakan Software Cisco Configuration Assitant, Monitor Manager, dan Monitor Director.

Begitu konfigurasi selesai, IP Phone serta laptop atau smartphone yang telah dilengkapi jaringan WiFi dan ter-install softphone langsung dapat saling berkomunikasi dengan cuma-cuma. Komunikasi dengan rekan sekantor yang beda lantai, dengan kantor cabang, atau karyawan yang sedang di lapangan juga cuma-cuma selama terhubung ke jaringan internet. Komunikasi ke jaringan PSTN atau seluler juga tak perlu putus karena semuanya terhubung ke dalam satu kotak.

Produk ini secara komersial baru akan tersedia di Indonesia mulai awal Januari 2008. List price untuk pernagkat utama SBCS dipatok mulai harga sekira 5.000 dollar AS untuk 8 user dan 7.000 dollar AS untuk 16 user.

Sumber : Kompas Cyber Media /13/12/07

No comments:

Chit Chat